Oatmeal Tidak Selalu Harus Manis. Ayo, Jadikan Oatmeal Asin dengan Resep Berikut!

Mie Ayam Mahmud

Ketika Anda mendengar kata oatmeal, apa yang biasanya ada dalam pikiran Anda? Havermut? Hambar? Pisang? Susu? Kayu manis? Ya, dalam banyak situasi, oatmeal, alias oatmeal, sering dibuat sebagai olahan makanan manis. Padahal pengolahan makanan sehat tidak selamanya hanya bisa diolah sebagai makanan manis. Anda dapat mengolah oatmeal asin dengan beberapa aditif makanan yang tentunya sehat juga.

Manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh
Banyak ahli gizi setuju bahwa oatmeal adalah salah satu makanan sehat. Makanan ini dikenal kaya serat sehingga sangat baik dikonsumsi oleh semua orang untuk memenuhi kebutuhan serat. Makanan yang kaya serat biasanya sulit dicerna oleh tubuh. Ini menyebabkan makanan lebih lama berada di perut, sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama.

Sifatnya yang panjang dicerna oleh tubuh membuat perubahan bentuk dari karbohidrat kompleks dalam oatmeal menjadi glukosa menjadi lebih lama. Kondisi ini membuat kadar gula darah tidak akan melambung dengan cepat secepat jika kita mengonsumsi nasi, misalnya. Itu sebabnya makan oatmeal juga baik untuk penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah mereka stabil.

Manfaat lain yang dibawa oleh oatmeal adalah mampu mempertahankan kadar kolesterol dalam tubuh. Makanan ini juga baik untuk mengobati kesehatan jantung. Selain serat, oatmeal juga mengandung protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 yang berfungsi dalam pembentukan energi.

Bosan makan oatmeal manis? Ayo, cobalah membuat oatmeal asin
Pada dasarnya, oatmeal memiliki rasa hambar. Untuk menambah nafsu makan, Anda bisa menambahkan beberapa bahan tambahan makanan, seperti buah, susu, atau madu. Untuk penderita diabetes, Anda harus memperhatikan aditif makanan. Anda tentu berniat memiliki kualitas hidup yang lebih baik dengan mengonsumsi oatmeal, bukan? Jangan biarkan makanan yang Anda tambahkan membuat isi karbohidrat dan gula berubah di mangkuk saji Anda. Alih-alih sehat, Anda dapat menemukan angka tinggi dalam kadar gula darah Anda.

Sebagian besar makanan ini sering diolah dengan rasa manis yang dominan. Ini tentu harus menjadi perhatian bagi penderita diabetes. Bahkan, oatmeal asin juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Bahkan, bagi Anda yang tidak menderita diabetes tetapi bosan atau tidak suka makan makanan manis, oatmeal asin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Coba ikuti resep oatmeal asin berikut ini, mari. Agar Anda tidak bosan, Anda masih bisa sehat.

Resep oatmeal asin yang sehat (untuk penderita diabetes dan orang normal)
oatmeal asin, oatmeal jamur

1. Jamur oatmeal
Bahan:

Haver

1 sendok teh minyak zaitun
T tsp parutan jahe
85 gram oat
Garam dan lada secukupnya
500 ml air
Jamur

1 sendok teh minyak zaitun
75 gram jamur, diiris tipis
Garam
½ bawang kecil, diiris
1 siung bawang putih, cincang halus
Bagaimana membuat:

Masak gandum Anda terlebih dahulu. Panaskan minyak zaitun dalam wajan dan tambahkan jahe parut. Tumis selama sekitar 30 detik dan tambahkan oat Anda. aduk sebentar, lalu tambahkan air, garam, dan merica. Masak sampai oat Anda matang, sisihkan.
Dalam wajan antilengket, mulailah menumis jamur Anda. Panaskan minyak zaitun. Tambahkan bawang dan bawang putih. Tumis hingga harum, lalu tambahkan jamur. Masak sampai jamur berwarna coklat. Tambahkan lada dan garam secukupnya untuk memberi rasa. Biarkan hingga matang, angkat, dan sajikan.
Campurkan olahan jamur di atas oatmeal yang dimasak (oatmeal). Anda juga bisa menambahkan telur rebus, kecap, dan daun bawang untuk membuatnya lebih kaya.
Jumlah porsi: 1-2 porsi

2. Oat bawang putih dengan telur goreng
Bahan:

Haver

1 sendok teh minyak zaitun
2 – 3 siung bawang putih, dicincang
85 gram oat
500 ml air
110 gram keju cheddar (rendah lemak), parut
2 sdt basil
telur

1 sendok teh minyak zaitun
2 telur
½ sendok teh bubuk paprika atau bubuk cabai
Garam dan merica menjadi bumbu
Bagaimana membuat:

Masak gandum pertama. Caranya, panaskan minyak dan tumis bawang putih sebentar (sekitar 15 detik) agar tidak gosong, lalu tambahkan oat. Aduk gandum dan bawang putih sebentar, lalu tambahkan air, garam, dan merica. Masak sampai matang.
Sebelum memindahkan gandum ke dalam mangkuk saji, tambahkan keju dan basil dan aduk rata. Pindahkan oat yang sudah dimasak ke dalam piring saji.
Untuk telur, panaskan minyak zaitun dan tambahkan telur satu demi satu. Atau Anda bisa langsung menggorengnya sekaligus sesuai selera. Jangan lupa tambahkan cabai dan garam dan paprika / bubuk cabai sesuai selera.
Tambahkan telur di atas gandum Anda. Sajikan.
Jumlah porsi: 1-2 porsi

3. oatmeal ala Meksiko
Bahan:

1 sendok teh minyak zaitun
2 siung bawang putih, cincang halus
60 gram oat yang dimasak
½ sendok teh Taco
T sendok teh bubuk paprika
½ sdt air jeruk nipis
500 ml air
Garam
Jagu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *