Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Mentimun Cerut Mie Ayam Jamur

Mentimun atau mentimun biasanya tidak pernah terlewatkan sebagai sayuran segar atau menjadi seperti camilan. Selain rasanya yang segar, nampaknya mentimun juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dilansir dari Live Science, Angela Lemond, ahli gizi di Texas mengatakan mentimun mengandung serat dan beta karoten. Menurutnya, biji dan kulit adalah bagian yang memiliki kandungan nutrisi ini. Sementara itu, menurut Megan Ware, ahli gizi dari Orlando, Florida mengatakan mentimun baik karena rendah kalori, karbohidrat, lemak dan kolesterol.

Lalu, manfaat kesehatan apa yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi mentimun?

1. Mencegah kanker

Mentimun mengandung dua fitonutrien yang memiliki manfaat mencegah kanker, yaitu lignan dan cucurbitacins. Dikutip dari Live Science, sebuah studi pada 2010 menemukan bahwa cucurbitacins dapat memblokir jalur sinyal yang penting bagi sel kanker untuk berproliferasi dan bertahan hidup.

Selain itu, cucurbitacins juga mampu menghambat pertumbuhan kanker pankreas. Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2009 dan dipublikasikan dalam Journal of Cancer Research, cucurbitacins B dapat mencegah pertumbuhan tujuh jenis sel kanker pankreas hingga 50 persen. Ia juga meningkatkan apoptosis, alias ‘bunuh diri’, dari sel kanker pankreas.

Sementara lignan telah terbukti mengurangi risiko kanker ovarium atau ovarium. The Journal of Nutrition menerbitkan sebuah studi yang menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan lignan yang tinggi memiliki risiko kanker ovarium yang lebih rendah.

2. Menjaga kesehatan jantung

Mentimun mengandung 152 miligram potasium per cangkir. Potasium dapat membantu menjaga tekanan darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Pusat Nasional Informasi Bioteknologi (NCBI), asupan kalium dikaitkan dengan tingkat stroke yang rendah dan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain konsumsi pisang, konsumsi mentimun dianjurkan untuk meningkatkan asupan kalium setiap hari.

3. Lindungi otak

Otak memainkan peran penting dalam tubuh, sehingga orang harus menjaga kesehatan otak mereka. Salah satu caranya adalah mengkonsumsi mentimun. Mentimun mengandung fisetin bernama anti-inflamasi. Fisetin sangat penting untuk kesehatan otak karena meningkatkan kemampuan mengingat dan melindungi sel-sel saraf. Pelaporan dari Graphic, fisetin dapat mencegah gangguan memori dan belajar.

4. Tulang sehat

Mentimun mengandung vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin K dapat mencegah tulang retak dan mempertahankan densitasnya. Vitamin K telah terbukti memainkan peran penting dalam tulang wanita. Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menunjukkan bahwa rendahnya vitamin K pada wanita dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih rendah pada wanita dan bukan pada pria.

5. Jaga berat badan

Karena rendah kalori, mentimun biasanya dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Tetapi bagi mereka yang tidak dalam diet, mentimun dapat mempertahankan berat badan. Mentimun mengandung serat di kulit. Serat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga asupan makanan dapat dikontrol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *