Manfaat Ikan Gurami Yang Jarang Diketahui Orang Indonesia

Manfaat gurami Mie Ayam Jamur Medan mungkin diremehkan oleh satu orang, salah satu jenis ikan tanah adalah salah satu ikan yang memiliki gizi super tinggi. Ikan yang cukup terkenal dan menjadi menu favorit orang Indonesia. Tidak heran jika di hampir semua restoran di Indonesia, Anda akan menemukannya sebagai hidangan “luxerious” yang begitu mahal. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi gurame memiliki sejuta manfaat kesehatan, perhiasan, dan aksesoris cantik di rumah Anda.

Makan ikan kadang dihindari oleh sebagian orang pada umumnya. Alasannya cukup sederhana, karena sifatnya yang mencurigakan dan banyak duri yang mengganggu esensi dari makan. Selain itu, gurami adalah salah satu jenis ikan air tawar, sehingga duri lebih banyak dihasilkan daripada ikan laut. Dua alasan ini membuat sebagian orang malas makan ikan air tawar.

Nutrisi Ikan Gurame

Kebutuhan protein manusia umumnya sebanyak 0,75 atau 0,80 gram per kilogram berat badan. Cukup banyak karena fungsinya yang vital. Untuk itu, perlu mengonsumsi protein setiap hari dalam tubuh.

Ikan dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya protein. Selain telur, pilihan orang yang mengalami kekurangan gizi protein lebih disarankan untuk makan ikan. Gurame sendiri memiliki kandungan protein sebesar 19%. Hasil ini jauh lebih tinggi daripada jenis ikan lainnya seperti ikan patin, nila, dan ikan mas. Apalagi kandungan asam amino esensial yang dihasilkan cukup besar.

Selain protein, nutrisi lain yang terkandung dalam ikan gurame adalah lemak. Itu 2,2%. Hasil ini dianggap lebih tinggi dari ikan mas yang hanya mengandung 2% dan nila 0,49%.

Tidak hanya itu, gurame juga memiliki bahan penting lainnya seperti vitamin dan makronutrien dan zat gizi mikro lainnya.

Manfaat Ikan Gurame untuk Kesehatan

Membantu Perkembangan Otak
Keunggulan nutrisi yang hanya diproduksi oleh pisces adalah adanya asam lemak omega 3. Fungsi omega 3 sendiri sangat baik untuk perkembangan sel otak, terutama untuk usia anak-anak. Hal ini terbukti berdasarkan penelitian terbaru bahwa anak-anak yang diberi nutrisi minyak ikan atau asam lemak yang berasal dari ikan dapat memicu perkembangan sel-sel otak dan kecerdasan. Anak-anak akan mudah mengingat hal-hal baru.

Sesuai dengan penjelasan di atas, ikan gurame memiliki lebih banyak lemak daripada ikan biasanya. Tentu lebih banyak konten omega 3.

baik untuk perkembangan otak:

Meminimalkan Kemungkinan Penyakit Degeneratif
Penyakit degeneratif adalah penyakit yang biasanya dialami pada usia lanjut, atau biasa disebut penyakit penuaan. Beberapa penyakit degeneratif adalah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan kanker.

Penyebab utama penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi adalah kolesterol yang tidak terkontrol. Sementara kebanyakan makanan yang memiliki nutrisi penting, juga memiliki kadar kolesterol tinggi. Salah satu makanan yang memiliki kolesterol tinggi adalah kerang, udang, sapi potong, iga, dan sebagainya. Agar nutrisi tetap terjaga, maka perlu untuk mengganti makanan yang memiliki nutrisi serupa tetapi memiliki kandungan kolesterol rendah. Contohnya adalah gurame. Memiliki kandungan protein tinggi tetapi rendah lemak, yaitu 55mg / 10 gr.

Sedangkan untuk kanker sebagian besar disebabkan pola makan yang tidak teratur, bahan kimia, rokok, dan minuman keras. Kegiatan dan makanan ini bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi cukup nutrisi. Salah satunya adalah gurame.

Penting untuk mencegah penyakit degeneratif:

Mengurangi kemungkinan penyakit Kwashiorkor
Penyakit Kwasiokhor atau yang lebih dikenal dengan penyakit lapar busung adalah penyakit protein malnutrisi yang biasanya menyerang anak-anak. Penyakit ini sering ditemukan di daerah pedesaan miskin yang kekurangan asupan nutrisi. Tanda itu adalah tubuh tangan dan kaki yang tipis tetapi perutnya buncit. Sementara wajahnya bengkak.

Baik sebagai sumber nutrisi:Cegah Marasmus
Salah satu kekurangan nutrisi yang sering Anda temui pada usia balita (usia 0-2 tahun) adalah marasmus. Yakni retardasi pertumbuhan tubuh dan kurangnya lemak dan otot di bawah kulit. Sehingga anak-anak yang terkena penyakit ini memiliki tubuh yang sangat kurus seperti hanya tulang yang terbungkus kulit tetapi perutnya membesar (seperti kwashiokhor). Penyebabnya adalah kurangnya asupan makanan yang mengandung protein dan kalori, infeksi, genetika, prematuritas, atau masalah lingkungan. Penyakit ini cukup serius.

Cegah Marasmus
Salah satu kekurangan nutrisi yang sering Anda temui pada usia balita (usia 0-2 tahun) adalah marasmus. Yakni retardasi pertumbuhan tubuh dan kurangnya lemak dan otot di bawah kulit. Sehingga anak-anak yang terkena penyakit ini memiliki tubuh yang sangat kurus seperti hanya tulang yang terbungkus kulit tetapi perutnya membesar (seperti kwashiokhor). Penyebabnya adalah kurangnya asupan makanan yang mengandung protein dan kalori, infeksi, genetika, prematuritas, atau masalah lingkungan. Penyakit ini cukup serius.

Baik untuk mencegah marasmus:

Membantu Pertumbuhan Otot
Selain membantu pertumbuhan otak, protein juga memainkan peran penting dalam pembentukan otot. Anak-anak usia memprioritaskan rasa makanan daripada gizi. Beberapa anak balita yang alergi atau tidak suka mengonsumsi susu. Jika karena alergi seperti intoleransi laktosa maka harus ada makanan pengganti yang memiliki kelebihan yang sama seperti susu. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi gurame yang memiliki kandungan protein tinggi, yang sangat cocok untuk pertumbuhan. Intoleransi laktosa adalah alergi laktosa (gula susu) adalah jenis disakarida yang berasal dari luar tubuh.

Baik untuk otot:

Hindari Cachexia
Ada penyakit serius lain yang berkaitan dengan kekurangan protein, yaitu cachexia. Penyakit yang membuat Anda merasa mudah lelah ketika Anda hanya melakukan aktivitas ringan. Gejala yang timbul seperti penipisan otot, kekurangan protein, penurunan berat badan yang tidak normal. Lebih buruk lagi bisa menjadi pemicu kanker di organ-organ usus, hati, dan perut. Menurut penelitian terbaru di Amerika yang dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition penyakit ini dapat menyebabkan kematian jika tidak ditanggapi dengan serius.

Menghaluskan kulit
Ada banyak krim atau alat kosmetik yang mengandung protein. Mengapa? Karena salah satu fungsi protein adalah membantu regenerasi kulit. Protein akan lebih baik menyerap jika diproses di dalam tubuh. Jadi jika Anda masih terlihat cantik, makanlah ikan mas yang kaya protein ini.

Bagus untuk menghaluskan kulit:Sumber energi

Manfaat lain yang dihasilkan oleh asam amino esensial (banyak kandungan dalam karper) adalah sebagai pengganti energi untuk bagian tubuh yang rusak. Ini juga merupakan sumber energi selain cerbohydrate dan lemak.

Baik untuk sumber energi:

Protein dalam ikan air tawar digunakan oleh tubuh sebagai elemen fibrinogen dan tromboplastin. Fungsinya untuk membantu pembekuan darah jika ada luka. Ketika Anda jatuh dan terluka, darah akan keluar dari kulit. Nah untuk itu tubuh membutuhkan sistem pembekuan darah untuk menghentikan lukanya. Di sini fungsi tromboplastin bekerja. Setelah itu fibrinogen membantu dengan membentuk jaringan baru sebagai pengganti jaringan yang rusak akibat proses jatuh. Dengan adanya banyak rangsangan fibrinogen, penyembuhan luka juga lebih cepat.

Baik untuk penyembuhan luka

Manfaat ikan mas untuk ibu hamil juga dapat diandalkan sebagai salah satu nutrisi yang sangat baik. Suatu hal yang berisiko bagi wanita hamil adalah menjaga makanan yang berbahaya bagi janin. Sebagian besar wanita hamil menghindari makan makanan laut seperti sushi, ikan asap, kerang, tuna, ikan mas, dll karena takut terkontaminasi merkuri. Mengapa? Karena kandungan merkuri dapat merusak jaringan otak janin dan mengganggu sistem saraf. Hasil lainnya adalah anak-anak menjadi hiperaktif pada usia 8 tahun. Karena itu, calon ibu tidak ingin membahayakan anak-anaknya, sehingga mereka terpaksa meninggalkan dunia makanan laut.

Jangan salah. Karena ada beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Yaitu gurame. Meskipun gurame juga mengandung merkuri, tetapi tingkat merkuri masih relatif rendah dibandingkan tuna, hiu, dan king mackerel. Sehingga ikan ini aman untuk dikonsumsi bahkan ketika mereka bertubuh dua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *